Apresiasi Polda Kalsel, Paman Birin : Narkoba Musuh Kita Bersama

Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan apresiasinya kepada Polda Kalsel atas keberhasilan pengungkapan jaringan internasional narkoba Malaysia, Sumut, Jatim dan Kalsel.

Hal ini disampaikannya pada saat menghadiri konferensi pers yang dilaksanakan Polda Kalsel pada Selasa (10/1) yang bertempat di Polda Kalsel.

“Saya atas nama Pemprov dan rakyat Kalsel, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa terhadap Polda Kalsel yang telah mampu mengungkap sebuah kejahatan besar yang memiliki dampak sangat besar terhadap masyarakat kita,” sampainya.

Menurut Paman Birin ini, narkoba adalah musuh yang layak diperangi layaknya penjajah yang dilawan oleh para pahlawan di masa perjuangan.

“Musuh kita di era ini beda dengan musuh yang dihadapi oleh pahlawan-pahlawan kita di zaman perjuangan yang bisa dilawan langsung berhadapan. Di era hari ini musuh kita yang nyata, yang masuk ke seluruh penjuru dunia, Indonesia dan penjuru Kalsel adalah narkoba,” ujarnya.

Narkoba yang menurut Paman Birin telah menjadi bahaya laten ini harus dihadapi bersama, bukan hanya oleh negara dan pemerintah serta aparat penegak hukum.

Semakin canggihnya perkembangan teknologi juga dipercaya Paman Birin seiring dengan canggihnya upaya penyebaran zat-zat terlarang.

Namun Paman Birin menyampaikan bahwa dirinya percaya aparat hukum juga terus berupaya mengimbangi hal tersebut, dan berkat itu lah Polda Kalsel melalui Ditres Narkoba akhirnya berhasil melakukan pengungkapan besar kali ini.

“Saya percaya aparat hukum kita berupaya mengimbangi operasi yang mereka lakukan, dan karena itulah Polda Kalsel berhasil memgungkap dan menggagalkan upaya penyebaran narkoba oleh jaringan internasional ini,” ujarnya.

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian mengungkapkan bahwa operasi pengungkapan dan penangkapan dengan barang bukti 45 kg sabu dan 11 butir XTC ini dimulai sejak beberapa hari sebelum pergantian tahun 2023.

“Proses pengungkapan ini dimulai 3 hari sebelum pergantian tahun 2023. Mereka adalah jaringan internasional yang memasukkan barang-barang haram ini melalui jalur Sumatera. Alhamdulillah berhasil kita ungkap dan tangkap 4 tersangka dengan barang bukti sebanyak 45,055 kg sabu dan
11.792 butir XTC yang akan kita musnahkan hari ini,” sampainya.

Andi juga sependapat dengan Paman Birin bahwa menghadapi narkoba memerlukan kerjasama semua pihak, bukan hanya dari aparat penegak hukum.

“Perang terhadap kejahatan narkoba memerlukan kerjasama dan dukungan dari segala pihak, tidak hanya BNN dan POLRI, namun semua pihak harus turun tangan dan berpartisipasi dalam membantu melawan kejahatan narkoba,” ujarnya.

Berkat keberhasilan Ditres Narkoba Polda Kalsel kali ini, dipercaya bahwa Polda Kalsel telah berhasil menyelamatkan setidaknya 45.055 jiwa dari bahaya narkoba.

“Tiap 1 gram sabu bisa dipakai 10 orang, maka Ditres Narkoba Polda Kalsel berhasil menyelamatkan sebanyak paling tidak 45.055 orang anak bangsa,” sampainya.

Konferensi pers ini turut dihadiri Forkopimda Kalsel atau yang mewakili, Kepala BNN, dan Kepala BPOM Provinsi Kalsel. (Ran/Adpim)



Foto : Yusnadianor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *