Paman Birin Resmikan Wisata Desa Lesehan dan Kolam Pancing Putra Bulu, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Ekonomi, Wisata52 Views

Banjar – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri peresmian Wisata Desa Lesehan dan Kolam Pancing Putra Bulu, pada Sabtu (24/6) pagi.

Bertempat di Desa Awang Bangkal Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Gubernur Kalsel yang biasa di sapa Paman Birin ini, menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan terus mendorong lahirnya sektor-sektor baru dalam meningkatkan perekonomian daerah, khususnya wisata.

“Meski pun Kalsel saat ini masih bergantung pada batubara, kita sadar betul bahwa pariwisata adalah salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian yang harus kita lakukan sekarang,” kata Paman Birin saat menyampaikan sambutannya

Menurutnya, dalam dua periode Paman Birin menjabat sebagai Gubernur Kalsel, sektor pariwisata terus digelorakan kepada masyarakat, agar ke depan beralih dan tidak lagi bergantung lagi pada batubara.

“Sebab kita tahu batubara ini cuma sekali ambil, sedangkan hadirnya wisata-wisata ini tidak akan pernah habis dan masyarakat bisa mengeksplor lagi mau mengembangkan wisata apa. Salah satu contohnya adalah Desa Wisata Lesehan dan Kolam Pancing Bulu ini,” ujar Paman.

Menurutnya, terobosan yang dilakukan Pemerintah Desa Awang Bangkal Barat tersebut, patut menjadi contoh bagi desa lain untuk meningkatkan perekonomian desanya. Sehingga ke depan, majunya suatu desa tidak hanya bergantung pada pendanaan dari pemerintah, tetapi bisa mandiri.

“Untuk itu, dengan hadirnya wisata ini kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Desa Awang Bangkal Barat,” harapnya.

Setelah selesai membacakan sambutan, bukan Paman Birin namanya jika tidak dekat dengan masyarakat itu lantas memanggil empat anak perempuan dan empat orang tua untuk maju ke panggung.

“Sebutkan 9 nama ikan yang ada di kolam ini,?” kata Paman Birin memberikan pertanyaan kepada Rohimah anak kelas V SDN Awang Bangkal Barat tersebut.

“Patin, nila, haruan, saluang, ikan mas, papuyu, baung, sapat, lundu” jawab Rohimah sedikit berpikir.

“Ya bagus karena jawabannya benar kita kasih lima ratus ribu,” kata Paman.

Selanjutnya Nabila kelas V SDN Awang Bangkal Barat yang disuruh menyebutkan rukun Islam, Nabila pun dengan mudah menjawab dan mendapat hadiah uang tunai lima ratus ribu.

Kemudian Aisyah disuruh menyebutkan Pancasila, dia pun terbata-bata menjawabnya.

“Dia sudah berusaha, kita kasih hadiah uang tunai empat ratus lima puluh ribu,” kata Paman Birin disambut tawa penonton.

Terakhir Siti Aisyah Arianti mendapat tantangan disuruh menjawab nomor rumahnya sendiri, tetapi dia lupa dan dia mendapat hadiah uang tunai empat ratus lima puluh ribu.

Sementara empat orang tua dengan mudah menjawab pertanyaan dari Paman Birin dan di ganjar hadiah uang tunai masing-masing satu juta rupiah.

Pada acara peresmian tersebut juga hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Sulkan, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Barkatullah, Kepala Desa Awang Bangkal Barat Pajrul Ripani, Direktur BUMD, Kapolres Banjar, Dandim Martapura, dan Tokoh masyarakat lainnya.

Menurut Pajrul dalam sambutannya, Luas pengembangan Wisata Desa Lesehan dan Kolam Pancing Putra Bulu sekitar 4 hektar yang pembiayaannya dari dana desa.

“Untuk itu, ulun berharap, kepada semua, khususnya pemerintah provinsi untuk ikut serta mempromosikan tempat wisata ini,” pungkasnya.

Selanjutnya, Paman Birin melakukan pemotongan tumpeng dan dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai bertanda di bukanya tempat wisata tersebut untuk umum. Kemudian Paman Birin beserta tamu undangan melepas ikan ke kolam dan melakukan simbolis penanaman pohon di pinggir kolam. (*/adpim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *