Komitmen Gubernur Wujudkan Kalsel sebagai Gerbang dan Mitra IKN

Daerah48 Views

Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penyamaan Persepsi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalsel untuk mewujudkan Kalsel sebagai gerbang Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (12/7).

Pada acara yang diselenggarakan di Gedung Idham Khalid, Banjarbaru ini, berhadir sebagai narasumber, Kepala Otorita IKN, yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan IKN, Thomas Umbu Pati TB.

Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Paman Birin menyampaikan bahwa pemindahan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Timur merupakan peluang emas bagi Kalsel dan daerah-daerah di Kalimantan untuk memaksimalkan potensi yang ada.

“Keberadaan ibu kota negara baru di Kaltim, membuka banyak peluang dan kesempatan baru. Baik bagi Provinsi Kalsel dan juga daerah-daerah di Kalimantan pada umumnya memiliki peluang untuk memaksimalkan potensi daerah yang ada,” sampainya.

Keberadaan Kalsel yang terletak di tengah-tengah Kaltim sebagai IKN dan Kalteng sebagai food estate memberikan peluang bagi Kalsel untuk menjadi Gerbang dan Mitra IKN, yang akan menyokong berjalannya dan keberadaan IKN.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini juga, Paman Birin mengajak pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam menjawab tantangan untuk mewujudkan hal tersebut.

Pengembangan dan percepatan pembangunan infrastruktur, pengembangan sektor pariwisata serta sektor-sektor lain yang terkait, menurutnya harus segera dan senantiasa dilakukan, demi terwujudnya Kalsel sebagai Gerbang dan Mitra IKN.

Dirinya juga berharap pertemuan ini akan menjadi awal dalam membangun kesepahaman dan kolaborasi antar pihak terkait.

“Saya berharap pertemuan ini akan menjadi titik awal yang berarti dalam membangun kesepahaman dan kolaborasi yang erat antara Badan Otorita IKN, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalsel.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Gusti Rahmat, dalam laporannya menyampaikan bahwa pertemuan ini diprakarsai oleh pertemuan Tenaga Ahli Gubernur Kalsel dengan Tenaga Ahli Gubernur Provinsi Kaltim.

Yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan Tim Ahli Gubernur Kalsel dengan Pimpinan Otorita IKN di Jakarta.

“Pada pertemuan waktu itu, disepakati bahwa akan diadakan pertemuan gubernur dengan bupati/walikota se-Kalsel untuk mewujudkan Kalsel sebagai gerbang IKN,” ujarnya.

Pertemuan ini menurutnya dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara pemerintah kabupaten/kota dengan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam upaya Kalsel sebagai Gerbang IKN dan Mitra IKN dengan memperhatikan beberapa sektor pendukung pada kabupaten/kota.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan komitmen oleh Gubernur Kalsel, Kepala Otorita IKN, yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan IKN, serta bupati/walikota se-Kalsel.

Komitmen ini adalah untuk mensukseskan Provinsi Kalsel sebagai Gerbang IKN dan Mitra IKN dengan memprioritaskan pada sumber daya alam yang melimpah di Kalsel. (*/Adpim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *