Paman Birin Buka MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalsel ke-34 : Menggairahkan Masyarakat Membaca, memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an

Religi45 Views

Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor secara resmi buka lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-34 Tingkat Provinsi yang diadakan di kota Banjarbaru, Jum’at (21/7) malam.

Dimulainya MTQ Tingkat Provinsi Kalsel ini ditandai dengan pemukulan beduk oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor didampingi Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel M Tambrin, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin.

Acara diawali dengan defile dari seluruh peserta MTQ dilanjutkan dengan penampilan tarian yang berjudul Iqra. Kemudian pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Said Agil Husin Al Munawar.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin bersyukur karena mampu menjadikan lomba seni baca Al Qur’an, sebagai kegiatan yang berkala dan berkelanjutan, dari tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional.

Paman Birin juga bersyukur karena Kalsel telah sukses menggelar MTQ tingkat nasional beberapa waktu lalu. Sekaligus mampu mengawinkan juara Qori dan Qoriah.

Menurut Paman Birin, kemampuan membaca Al-Qur’an dengan indah, dan kemampuan memahami isi ajaran Al Qur’an, tentunya menjadi kepuasan pribadi yang tidak terkira nilainya.

Menurut Paman Birin, orang-orang yang rajin dan istiqamah dalam membaca Al-Qur’an, Insya Allah mendapat petunjuk dan bimbingan untuk menentukan yang hak dan batil.

Disamping itu juga memiliki keramahan, kesantunan dan keadaban dalam dimensi ketuhanan maupun kemanusiaan.
karena itu, tidak sulit kita menuju masyarakat yang damai, tenteram, sejahtera dan berakhlakul karimah, apabila seluruh umat islam mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Paman Birin berharap, momentum MTQ membuat masyarakat lebih bergairah dalam membaca, memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Paman Birin juga berpesan kepada para kafilah untuk menjaga kesehatan agar bisa tampil prima. “Kita berpesan agar menjaga kesehatan dan suara ya, karena suara ini sangat vital,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut Paman Birin juga membacakan puisi tentang Ashabul Kahfi yang menceritakan 7 anak manusia yang tertidur dalam gua.

Sementara itu, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan menunjuk daerahnya menjadi tuan rumah.

Dikatakanya, MTQ kali ini akan digelar di 11 venue selama sembilan hari, dari tanggal 20 Juli hingga 28 Juli 2023. (*/adpim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *