Gubernur Kalsel Raih Penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian

Daerah27 Views

Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin menyerahkan penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian kepada Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (14/8)

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Gubernur yang akrab disapa Paman Birin atas kerja kerasnya dalam upaya meningkatkan produktivitas dan memajukan sektor pertanian.

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin mengatakan, selama dua tahun terakhir sektor pertanian membuktikan mampu menjadi bantalan ekonomi di tengah kompeleksitas pemulihan pasca pandemi, dampak perubahan iklim ekstrem dan peningkatan ketegangan geopolitik internasional.

“Ketangguhan sektor ini makin diuji dengan adanya ancaman krisis pangan akibat el-nino sehingga mesti ada upaya mitigasi resiko secara komperehensif dan kolaboratif,” katanya.

Wapres menuturkan, sebagai penyedia pangan bagi lebih dari 278 juta penduduk, sektor pertanian mampu mencukupi suplay beras sepanjang 2022 dan 2023 dan produksi beras pasca 2022 tercatat lebih baik dari 2021 yang mencapai 31,5 juta ton serta pertanian tumbuh positif secara konsisten, ekspor produk pertanian pada 2022 berkisar pada 658 triliun.

“Secara khusus saya minta agar ekspor komuditas pertanian yang sudah baik ini dapat terus ditingkatkan,” ucapnya.

Ma’ruf Amin menambahkan, dengan berbagai capaian pembangunan pertanian, tidak lepas dari sumbangsih dan curahan energi dari peran dan dukungan pemerintah provinsi sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan pertanian.

“Saya ucapkan terimakasih atas segenap sinergi, kolaborasi, kontribusi nyata pada pencapaian hasil produksi pertanian kita. Semoga penghargaan ini menambah motivasi, menginspirasi, dan melipatgandakan semangat pejuang pertanian atau para mujahid pertanian,” katanya.

Wapres juga berharap melalui penghargaan ini dapat terus bekerja keras meningkatkan produksivitas pertanian dan kesejahteraan petani, membangun ekosistem pertanian yang makin baik serta memperkokoh sinergi dan mengatasi aneka tantangan pembangunan pertanian.

“Mari kita wujudkan pertanian yang maju, petani yang sejahtera, menuju indonesia makmur dan jaya,” ucap Wapres.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pemberian penghargaan ini sebagai wujud apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada semua pihak yang selama ini sudah membuktikan dedikasi, kerja keras, curahan tenaga, pikiran dan waktunya untuk menyukseskan pembangunan di negara kita.

“Diharapkan ini semakin memotivasi berbagai pihak selama terlibat dalam pelaksanaan pembangunan disektor pertanian,” katanya.

Ia menyampaikan, sebagai fionir-fionir, para Gubernur dan Bupati yang menerima penghargaan ini telah memberika bukti bahwa pertanian cukup kuat dan kokoh serta siap menyangga El-Nino.

“Beliau yang menerima penghargaan ini sudah melampaui tugas peranan dan tanggungjawabnya serta telah berkontribusi kepada pangan dari negeri yang kita cintai,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin menyampaikan kesiapannya didepan Menteri Pertanian dan Wakil Presiden untuk terus meningkatkan pembangunan sektor pertanian terlebih sebagai penyangga El-Nino.

“Kita siap untuk mendukung peningkatan pembangunan pertanian, terlebih penanganan dampak El-Nino,” ucapnya.

Usai penyerahan, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Wakil Presiden dan Menteri Pertanian atas penghargaan yang telah diberikan kepadanya.

“Terimakasih kepada Presiden RI, Joko Widodo melalui Kementerian Pertanian, ini sungguh luar biasa dan ini kita persembahkan untuk rakyat Banua kita, Kalsel Babussalam,” pungkasnya.

Paman Birin juga menyerahkan fakta integritas dalam rangka Gerakan Nasional penanganan dampak El Nino sebagai penyangga produksi padi nasional untuk tambah tanam padi pada bulan agustus sampai september 2023 seluas 500 ribu hektare.

Dalam kesempatan tersebut, selain Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mendapat penghargaan Adhikarya Narariya, terdapat pula Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala, Mujiyat mendapat penghargaan Adhikarya Pratama. (*/adpim)

Foto : Biro Adpim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *