Kalsel Target Masuk 3 Besar STQ Nasional 2023 di Jambi

Religi38 Views

Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) menggelar Training Center (TC) Tahap II Kafilah Seleksi Tilawatil Quran tingkat Nasional (STQN) Kalsel tahun 2023, mulai tanggal 29 September sampai 3 Oktober 2023 di Banjarmasin.

Pembukaan TC yang diikuti 20 peserta ini dilakukan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar padaJumat (29/09).

Kepala Kementerian Agama Provinsi Kalsel, Muhammad Tambrin menyebutkan, target Kalsel di STQ Nasional ke 27 di Provinsi Jambi ini masuk dalam 3 besar.

Tambrin yang merangkap ketua panitia pelaksana ini menyampaikan juga terima kasih atas dukungan yang diberikan Gubernur Kalsel terhadap pembinaan dan pengembangan Al-Quran di daerah.

Gubernur Paman Birin dalam sambutannya yang dibacakan Sekdaprov Roy, menyebutkan bahwa STQN adalah even nasional yang melibatkan kafilah-kafikah terbaik di tiap provinsi.

Begitu juga Kalsel, akan mengutus mereka yang terbaik untuk mencapai sukses nantikan, sekaligus pembuktian bahwa Kalsel adalah daerah agamis yang telah melahirkan banyak ulama besar, seperti Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kelampayan) dan KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul).

Tak lupa disampaikan, apresiasi Paman Birin kepada semua pihak terlibat dalam penyelenggaraan TC ini.
Diharapkan, kebersamaan dan kekompakan terus terpelihara hingga pertandingan nanti.

“Terus meningkat kemampuan dan berlatih, tingkatkan keharmonisan peserta dengan pelatih, tampilkan mental juara, disiplin. Dengan itu semua saya yakin sukses bisa diraih,” pesan Paman Birin

Sekdaprov Roy yang juga Ketua LPTQ Kalsel ini menambahkan, pihaknya berusaha semaksimalnya, untuk mencapai target 3 besar dalam STQN nanti, salah satunya dengan memantapkan kemampuan kafilah melalui pelatihan atau TC yang diselanggarakan sebanyak dua kali ini.

Sebagai informasi, STQN tahun ini berlangsung di Provinsi Jambi, dijadwalkan pada 27 Oktober sampai 5 November 2023.

Berdasarkan hasil Technical Meeting dan Penetapan Peserta STQH Nasional 2023, di Kantor Kementerian Agama Jakarta, Rabu (20/9/2023), ditetapkan jumlah peserta yang terlibat sebanyak 736 orang, terdiri dari 590 peserta inti dan 146 cadangan.

736 peserta ini mencakup 132 peserta kategori Seni Baca Al Qur’an, 39 peserta Tafsir Al Qur’an, 104 peserta Hadist, 315 peserta Hafalan Al-Qur’an, dan 146 peserta cadangan dari 13 provinsi seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Kalsel. (sal/adpim)

Foto : Yusnadianoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *