Kalsel Innovation Award Dimulai, Paman Birin : Komitmen Memajukan Daerah

Teknologi82 Views

Banjarbaru – Wujudkan komitmen dalam meningkatkan penilaian Indeks Inovasi Daerah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan gelar Sosialisasi Kalsel Innovation Award (KIA) dan Bimbingan Teknis Inovasi Daerah tahun 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, bertempat di Gedung Idham Chalid, di Kantor Sekretariat Daerah, pada Selasa (7/3).

Paman Birin ini melalui sambutannya menyampaikan apresiasi terkait terselenggaranya kegiatan ini, yang menurutnya menunjukkan komitmen Pemprov Kalsel dalam memajukan daerah.

“Saya percaya bahwa inovasi daerah merupakan kunci untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat dan pemerintah di era modern ini,” sampainya.

Lebih lanjut menurutnya, inovasi daerah merupakan hal yang sangat penting karena dapat memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Gagasan, maupun adaptasi dan modifikasi inovasi pelayanan yang diselenggarakan pemerintah daerah merupakan hal yang sangat penting. Inovasi-inovasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung,” ujarnya.


Pemprov Kalsel menurutnya, ingin memberikan wadah yang lebih representatif bagi para inovator untuk menunjukkan potensi yang ditunjukkan melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan, dan diharapkan dapat menginspirasi orang/ lembaga lainnya.

Dirinya juga menyampaikan harapannya agar seluruh peserta sosialisasi dan bimtek kali ini dapat terus menciptakan dan menjaga budaya inovasi.

“Melalui kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis ini, saya berharap pemerintah kabupaten/kota, serta seluruh kepala satuan kerja di lingkungan Pemprov Kalsel dapat terus menciptakan dan menjaga budaya inovasi yang berjalan dengan baik dan berkelanjutan,” harapnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalsel, M Amin dalam laporannya menyampaikan bahwa Sosialisasi KIA dan Bimtek Inovasi Daerah adalah rangkaian awal dari kegiatan di tahun 2023 ini.

Dimana kegiatan ini diikuti oleh seluruh SKPD lingkup Pemprov Kalsel, SKPD lingkup kabupaten/kota se-Kalsel serta masyarakat umum, serta pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, pada pelaksanaan kegiatan KIA tahun ini terdapat penambahan kategori baru, yakni ‘Penjaringan Informasi Masyarakat Umum’.

Metode penilaian juga akan sedikit berbeda, dimana pengumpulan data akan dilaksanakan melalui aplikasi SOLID (Sistem Online Inovasi Daerah), yang akan berfungsi sebagai bank data inovasi daerah di Provinsi Kalsel.

Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Inovasi Daerah ini mendatangkan dua narasumber dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, yakni Koordinator Bidang Sumber Daya Manusia Pusat Litbang Inovasi Daerah, Jerry Walo serta Penyusun Bahan Penyelenggaraan Litbang, Raden Kus Yoga Bimasakti. (Ran/Adpim)

Foto : Naimah Mahmudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *