Terbuka untuk Umum, Pemprov Kalsel Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

Daerah49 Views

Banjarbaru – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) menggelar lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk kategori umum dengan total puluhan juta rupiah.

Lomba KTI ini merupakan bagian dari lomba inovasi daerah yang digagas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Amin menjelaskan, lomba Karya Tulis Ilmiah ini mengangkat tema Inovasi untuk Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya, lomba KTI ini tidak dipungut biaya dan terbuka umum.

“Biaya pendaftaran gratis, siapa saja boleh ikut. Kita tidak membatasi jumlah pesertanya,” ucap Muhammad Amin, di ruang kerjanya, Banjarbaru, Selasa (4/4).

Menurut Muhammad Amin, lomba ini dilakukan sebagai sarana dan wadah bagi masyarakat dalam menuangkan ide serta pikiran lewat karya tulis ilmiah.


Diharapkan hasil karya tulis mereka dapat menjadi sumbangsih bagi pengembangan potensi daerah.

“Kita mencoba mengumpulkan ide-ide melalui tulisan, selain itu juga untuk menggairahkan kembali untuk Karya Tulis Ilmiah di banua,” katanya.

Dikatakan Muhammad Amin, penilaian lomba berdasarkan kebermanfaatan, kreativitas, metode, data dan sumber informasi, dan sistematika penulisan.

Menurutnya, pendaftaran lomba telah dibuka sejak 7 Maret 2023 dan batas penyampaian berkas pada tanggal 28 April 2023. Selanjutnya peserta yang masuk 10 besar akan menyampaikan paparan pada tanggal 1 hingga 31 Mei 2023. Sedangkan penyerahan hadiah pada bulan Juni 2023.

Adapun hadiah untuk juara 1 sebesar Rp 10 juta, juara 2 Rp 8 juta, juara 3 Rp 6 juta, sedangkan juara harapan 1 Rp 5 juta, juara harapan 2 Rp 4 juta, dan juara harapan 3 Rp 3 juta.

Tim dewan juri, selain dari internal BRIDA Kalimantan Selatan, juga berasal dari unsur akademisi, dan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sebelumnya, BRIDA Kalsel juga pernah menggelar lomba KTI untuk pelajar saat Kalsel menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke- 29 pada tahun 2022 lalu.(*/adpim)

Klik di sini atau gambar di atas untuk syarat dan ketentuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *