Mudik Gratis Bersama Paman Birin, 6 Jam Dibuka Kuota Terpenuhi 675 Penumpang

Daerah50 Views

Banjarbaru – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin langsung Apel Kesiapan Gelar Angkutan Mudik Gratis bersama Paman Birin di Lapangan Setdaprov Kalsel pada Kamis (13/4) pagi.

Turut hadir dalam apel ini sejumlah Kepala SKPD lingkup Provinsi Kalsel, seperti Kepala Dishub Kalsel, Bappeda Prov Kalsel, Kepala Dishut Prov. Kalsel, Kepala DLH Prov. Kalsel, Kepala Disperkim Prov Kalsel, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kalsel, Kepala Biro Perekonomian, dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov. Kalsel.

Dalam arahannya, Paman Birin menekankan agar pelaksanaan mudik gratis bersama Paman Birin ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, agar masyarakat merasa nyaman menjalani mudik lebaran, serta keselamatan nya juga dapat terjamin.

Program mudik gratis bersama Paman Birin ini merupakan wujud kehadiran pemerintah bagi masyarakat.

“Kita ketahui, setiap tahun di bulan suci Ramadan, masyarakat kita akan melakukan mudik lebaran, maka dari kita dari pemerintah harus mampu hadir untuk melayani masyarakat,” sampainya.

Paman Birin mengapresiasi antusias masyarakat yang mengikuti program mudik gratis ini, dimana dalam waktu 6 jam setelah dibuka pendaftaran, kouta yang disiapkan oleh Pemprov Kalsel sudah terpenuhi.

“Ini sangat luar biasa, hanya 6 jam, kurang dari 1 hari, kouta penumpang yang disediakan sudah terpenuhi,” sampainya.

Melihat antusias yang luar biasa, Paman Birin berharap di tahun mendatang agar dapat meningkatkan layanan, baik menambah armada maupun menjalin kerjasama dengan stakeholder lainnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalsel, M Fitri Hernadi dalam laporannya menyampaikan bahwa pihaknya menyediakan angkutan mudik gratis bersama Paman Birin dengan melibatkan jajaran SKPD Lingkup Prov. Kalsel.

Disampaikan Fitri, pihaknya menyediakan sebanyak 45 minibus dengan kapasitas sebanyak 15 penumpang atau total 675 penumpang.

“Kita sediakan armada minibus dengan kapasitas 15 penumpang, dengan jumlah armada sebanyak 45 buah,” sampainya.

Fitri menambahkan, untuk kegiatan mudik Lebaran 2023 pihaknya juga sudah melakukan ramp check atau pemeriksaan kendaraan angkutan umum di Terminal Km 6 Banjarmasin.

“Hal itu untuk memastikan angkutan umum yang melayani mudik lebaran memenuhi standar operasional demi keselamatan penumpang,” tutur Fitri.

Mudik gratis dilaksanakan pada 19-20 April 2023, dengan titik start pengangkutan penumpang bertempat di Siring 0 Kilometer Kota Banjarmasin, Jalan Sudirman depan Siring Sungai Martapura, dan Lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Adapun rute mudik gratis itu yakni Banua Anam meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong. Rute lainnya, ke daerah pesisir, yakni Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.(rny/adpim)

Foto : Yusnadianoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *