Pengujung Ramadan, Paman Birin Ajak Qari Internasional KH Muammar ZA Sahur Bersama Warga Pulau Sugara Alalak Batola

Daerah95 Views

Batola – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin mengajak Qari Internasional KH Muammar ZA dari Jakarta untuk sahur bareng dan tausiah dengan warga Pulau Sugara Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala di Masjid Al Manar pada Kamis (21/04) dinihari

Pada sahur bersama di penghujung Ramadan atau hari ke-30 berpuasa itu, turut dihadiri Pj. Bupati Batola Mujiyat, Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, KH Abdul Sani, dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, tokoh agama dan masyarakat.

Sahur bersama pun dimulai dengan pertunjukan kesenian khas Banjar, Mamanda.

Pertunjukan kesenian Mamanda ini menjadi hiburan bagi warga yang datang. Saking senangnya, warga pun tampak seksama mengikuti alur ceritanya dari awal sampai akhir.

Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, selain mengajak Qariah juara MTQ Antar Bangsa 2023 asal Kalsel, Hj Ramadhan Najwa, dirinya juga mendatangkan Qari Internasional KH Muammar ZA dari Jakarta.

Paman Birin juga berharap, lahir kembali Qari/Qariah asal Banua asal Provinsi Kalsel, yang dihuni masyarakat religius ini, setelah sebelumnya berhasil menyabet dua gelar juara MTQ Nasional 2022 di Kalsel, kategori tilawah putra/putri dewasa.

Gubernur dua periode ini mengaku sangat senang bisa berkumpul bersama warga Pulau Sugara di penghujung Ramadhan 1444 Hijriah ini, untuk sahur bersama dan mendengarkan tausiah oleh KH Ahmad Supian Al-Banjari.

Dalam tausiahnya, KH Supian menyampaikan seputar orang-orang yang akan dirindukan surga yakni mereka yang bakti kepada orang tua, sering membaca AlQur’an, menjaga lidahnya, dan membantu orang lain atau bersedekah.

Setelah ceramah singkat, KH Muammar ZA melantunkan murratol Alquran selama 30 menit, lalu acara ditutup dengan doa yang dipimpin KH Abdul Sani, diakhiri bersantap sahur bersama.

Muammar ZA merupakan adalah pemenang lomba “Musabaqah Tilawatil Quran” (MTQ) pada tahun 1981 di Indonesia maupun di luar negeri dan pada tahun 2002, mendirikan Pesantren Ummul Quro di Cipondoh, Tangerang sebagai tempat kaderisasi Qari dan qari’ah muda berkelas internasional sejak dini.

Pada kesempatan itu, Paman Birin juga menyerahkan bantuan paket beras untuk warga setempat dan dilakukan penyerahan secara simbolis kepala Pambakal atau Kepala Desa Alalak Pulau Sugara, Ahmad Rafiq.

Pambakal pun menyampaikan terimakasih kepada Paman Birin yang sudah banyak membantu masyarakat sekitar, termasuk perbaikan infrastruktur desa yang menghubungkan langsung ke Kota Banjarmasin.

Sementara, KH Abdul Sani yang juga tokoh di Desa Pulau Sugara, menilai positif kegiatan sahur bersama disertai tausiah yang dilakukan Paman Birin pada ramadhan 1444 Hijriah ini.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini, terjalin persaudaraan dan Allah senantiasa mencurahkan rahmat, dipanjangkan umur dan disehatkan badan, bisa melaksanakan seperti ini di ramadhan mendatang,” doanya. */adpim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *