Paman Birin Pimpin Harhubnas 2023, Bergerak Konsisten dan Inovasi Sektor Transportasi

Daerah33 Views

Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan sambutan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi pada Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53 Tahun 2023 di Halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru pada Senin (18/9).

Sebagaimana tema Hari Perhubungan Tahun 2023, yakni “Melaju Untuk Transportasi Maju”, menurut Menhub, tema ini dimaksudkan, untuk menunjukkan bagaimana para insan transportasi, mampu terus bergerak secara konsisten dalam kerja-kerja nyata, melakukan transformasi dan inovasi sektor transportasi.

“Inovasi dan pembangunan infrastruktur transportasi dalam wujud modernisasi tersebut, tidak hanya kian mendorong indonesia menjadi negara maju, juga berimplikasi kuat bagi pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, keselamatan, dan pelayanan transportasi yang meningkat,” ujar Menhub dalam sambutannya.

Menhub menjelaskan, kepada seluruh jajaran kementerian perhubungan selaku regulator sektor transportasi, agar dapat bekerjasama, berkolaborasi, dan bersinergi secara optimal dengan para operator, stakeholders dan mitra kerja serta pemerintah daerah.

“Kerja bersama sangat dibutuhkan, untuk mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat,” harapnya.

Namun dirinya juga mengingatkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah dalam sektor pembangunan yang harus dibenahi. Salah satunya yakni kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat masih sangat dibutuhkan.

“Kontribusi yang besar di sektor transportasi tersebut, juga menjadi bagian dari perwujudan nilai-nilai kebangsaan, yaitu cinta tanah air dan bangsa, serta kerja sama sosial,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel Fitri Hernadi mengungkapkan, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan moda transportasi di semua jalur. Baik itu perhubungan darat, laut dan udara.

Khusus untuk perhubungan darat, Fitri Hernadi menyampaikan ada rencana penambahan armada bus BRT serta menambah jalur layanan.

“Direncanakan, tahun depan akan ada penambahan layanan dari terminal Simpang Empat Banjarbaru menuju ke Ponpes Darussalam Martapura,” kata Fitri.

Pada peringatan Harhubnas tahun 2023 ini, selain apel gabungan, juga dilaksanakan sejumlah kegiatan. Seperti aksi bersih-bersih, lomba-lomba dan kegiatan donor darah.

Pada apel Hari Perhubungan itu, tampak hadir Sekretaris Derah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, Dishub Prov Kalzel, KSOP Kelas 1 Banjarmasin, TNI, POLRI, dan Baznas, BPTD Kelas 2 Kalsel, dan pimpinan Forkopimda Kalsel serta para pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kalsel. (*/Adpim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *