Peringatan Hari Ibu, Paman Birin : Momen Penting Penghargaan Peran Perempuan

Daerah58 Views

Banjarmasin – Peringatan Hari Ibu merupakan bentuk upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM provinsi Kalsel, Husnul Khatimah. Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95 tahun 2023, dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, bertempat di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin (14/23).

“Peringatan hari ibu yang dilaksanakan setiap tanggal 22 desember adalah momen penting sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap peran perempuan Indonesia dari masa ke masa,” ujar Paman Birin

Lanjutnya, perjalanan sejarah yang melatar belakangi peringatan hari ibu dari awal ditetapkan hingga saat ini, memperlihatkan jejak perjuangan perempuan indonesia, yang telah menempuh jalan panjang, untuk mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sejarah penetapan peringatan hari ibu ini, membuat hari ibu di Indonesia tidak dimaknai sebagai perayaan mother’s day secara umum. Peringatan hari ibu di Indonesia adalah momen penting bagi penghargaan dan penghormatan terhadap seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” jelasnya.

Paman Birin berharap, diperingatinya hari ibu setiap tahunnya juga dapat menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas, agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Tidak sembarangan mengapa tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” ini diangkat. Tema ini merupakan panggilan untuk memahami dan menghargai kontribusi yang signifikan yang diberikan oleh perempuan dalam memajukan negara ini. Saya berharap, semangat untuk mengelorakan pembangunan kualitas sumber daya manusia akan terus dikumandangkan dan disikapi dengan kerja nyata untuk Banua yang maju,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) Provinsi Kalimantan Selatan, Adi Santoso dalam laporannya mengatakan, peringatan ini merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

“Kemarin kita bersama unsur Pemda, TNI dan Polri melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru. Selain itu, kita juga melakukan kegiatan baksos serta bazaar yang dilakukan oleh organisasi wanita,” ujar Adi.

Menurut Adi rangkaian kegiatan ini juga diharapkan mampu memperkuat jiwa patriot bangsa sebagai pengabdian dalam bernegara.

“Ini memang merupakan agenda dalam peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, juga diberikan penghargaan kepada sejumlah desa di 13 kabupaten/kota, atas prestasi penguatan kualitas keluarga terbaik.

Penghargaan diserahkan Gubernur yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, didampingi Ketua DPRD Provinsi, Ketua TP PKK Provinsi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana. Sementara penerimanya adalah para Ketua TP PKK kabupaten/kota se Kalsel. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *