Gubernur Kalsel Lepas Calon Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin

Daerah59 Views

Banjarbaru – Kelompok Terbang (Kloter) pertama Embarkasi Banjarmasin yang berjumlah 323 orang calon haji asal Kabupaten Banjar resmi diberangkatkan ke Tanah Suci.

Suasana haru pun begitu terasa saat petugas mengumandangkan Adzan disela keberangkatan. Terlihat ada beberapa jemaah yang meneteskan airmata.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melepas langsung para calon haji di pintu keberangkatan di Embarkasi Haji Banjarmasin, di Banjarbaru, Senin (29/5) siang.

Didampingi Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Paman Birin menyalami seluruh calon haji laki-laki sembari mendoakan kepada seluruh jemaah.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, panggilan Allah untuk menunaikan ibadah haji tidak dimiliki oleh setiap orang. Saat ini, orang yang memiliki kemampuan sekalipun harus menunggu puluhan tahun untuk menunaikan ibadah haji.

Oleh sebab itu, kesempatan yang didapat untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini, hendaknya dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga mendapatkan nilai utama ibadah haji, yaitu haji yang mabrur.

Pada kesempatan tersebut Paman Birin juga mengajak seluruh calon haji untuk bersama sama membaca kalimat talbiyah amalan saat ibadah haji yakni Labbaik Allahumma Labbaik,
Labaika Laa Syarika Laka Labbaik agar diberi kelancaran, keselamatan dan haji yang mabrur.

Paman Birin, berpesan kepada seluruh jemaah untuk menjaga kesehatan dan saling membantu.

“Ulun titip pesan gasan buhan pian untuk menjaga kesehatan, dan saling membantu, kita ini kalau di banua urang semakin rakat,” ucapnya.

Paman Birin berharap seluruh calon haji yang berangkat dapat kembali sedia kala ke tanah air. “Berangkat sekelompok, pulang sekolompok,” sebutnya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Tambrin mengatakan, kloter pertama terdiri dari 323 jemaah dan 5 petugas haji.

Menurutnya, para jemaah akan diberangkatkan pada pukul 16.30 WITA dan diperkirakan akan tiba pada pukul 23.50 waktu Arab Saudi.

Disampaikanya, untuk total calon haji yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin sebanyak 5430 yang terbagi asal Kalsel sebanyak 3818 dan 1612 asal Kalimantan Tengah.

Sementara itu, salah satu calon haji, Farhan asal Kertak Hanyar bersyukur karena dapat menunaikan rukun islam yang kelima.

Mahasiswa UIN Antasari ini mengaku berangkat sendiri dikarena batasan umur.

“Dulu mendaftarnya beserta orang tua, namun karena ada batasan umur, baru tahun ini bisa berangkat, berangkatnya sendiri ya,” katanya.

Turut hadir Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Staf Khusus Menteri Agama Hj Anna Hasbi, Kepala Kanwil Hukum dan HAM Kalsel, Kepala BIN Kalsel, Komandan Lanal Banjarmasin, Komandan Lanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb. Vincentius Endy Hadi Putra serta tamu undangan lainya. (syh/adpim)

Foto : Donny Sophandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *