Paman Birin Raih TOP Digital Award 2023, Terus Dorong Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Digital Banua

Daerah43 Views

Jakarta – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin meraih penghargaan TOP Digital Award Tahun 2023 pada Puncak Acara Penghargaan TOP Digital Awards 2023 di Raffles Hotel, Jakarta pada Senin (4/12) siang.

Penyerahan penghargaan TOP Digital Award 2023 diterima Paman Birin dan diserahkan langsung oleh M. Lutfi Handayani, Ketua Panitia Penyelenggara TOP Digital Awards 2023.

Paman Birin meraih TOP Digital Award 2023 ini dalam 2 (dua) kategori. Yakni Top Digital Implementation 2023 Bintang 4 dan Top Leader On Digital Implementation 2023.

“Alhamdulilah, kita bersyukur atas penghargaan ini dan menjadi motivasi kami Pemprov Kalsel untuk terus berinovasi meningkatkan implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, untuk meningkatkan kinerja, layanan, inovasi kepada masyarakat,” kata Paman Birin.

Penghargaan ini, beber Paman Birin menjadi Ini tentunya memberikan manfaat, selain utk pemerintah tapi juga masyarakat.

Disamping itu, keberhasilan dalam peran pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) Kalsel, Paman Birin mengungkapkan di era digital jangan sampai tertinggal pada percepatan yang luar biasa.

Disinggung gebrakan Pemprov pemanfaatan TI di Kalsel, Paman Birin menyampaikan harus ada konektifitaskan antara pemerintahan pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

“Konektifitas digitalisasi TI harus dilakukan untuk mendorong pembangunan yang semakin dahsyat. Kita akan terus dorong penggunaan teknologi digital untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan dipermudah pelayanan kepada masyarakat, tentu ujungnya akan menyejahterakan warga Banua,” ungkap Paman Birin.

Diketahui, Top Digital Awards 2023 adalah kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan tertinggi di Indonesia, yang diberikan kepada Perusahaan dan Instansi Pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi dan pemanfaatan teknologi digital, untuk meningkatkan kinerja, layanan, inovasi, dan daya saing bisnisnya serta layanan kepada masyarakat maupun konsumennya.

Penghargaan ini juga diberikan kepada Vendor TI TELCO/ Solusi Teknologi Digital yang mendukung berkembangnya pemanfaatan teknologi digital di Indonesia.

Tahun ini mengusung tema utama “IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services”/ “Tata Kelola TI dan Keamanan Siber dalam kaitan Inovasi Bisnis dan Layanan”.

Puncak acara puncak penghargaan tahunan TOP Digital Awards 2023 atas keberhasilan dalam melakukan transformasi digital dan implementasi bidang Information & Communications Technology (ICT) ini, dihadiri sejumlah Pimpinan Kementerian, Lembaga/Badan, Kepala Pemerintah Daerah, Walikota, Gubernur, serta IT Manager atau Chief technology officer (CTO)/ Chief Information Officer (CIO) dari berbagai perusahaan, organisasi dan institusi untuk menerima langsung penghargaan ini.

Beberapa perusahaan swasta, lembaga pemerintah, BUMN, BUMD, vendor ICT, business software developer), dan beberapa lainnya, berhasil meraih penghargaan.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi dalam sambuatanya menyatakan, bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan Top Digital Awards 2023 ini.

Kegiatan ini lanjutnya, selaras dengan upaya pemerintah untuk mendorong akselerasi transformasi digital di Tanah Air, baik di kalangan pelaku usaha, lembaga atau institusi kepemerintahan sebagai kesiapan dalam memasuki era revolusi industri keempat (industri 4.0). Pihaknya juga menyambut baik ada kesadaran yang makin tinggi akan pentingya memperkuat ekosistem keamanan siber di kalangan pelaku usaha, maupun institusi dan Lembaga kepemerintahan untuk kelangsungan dan keberhasilan transformasi digital ini.

Menurutnya transformasi digital memiliki kaitan yang tidak bisa terpisahkan dengan inovasi-inovasi seperti yang dilakukan para peraih penghargaan di ajang Top Digital Awards 2023 ini.

Bahkan, Menteri Budi Ari Setiadi menilai bahwa implementasi transformasi digital atau penggunaan teknologi digital adalah inovasi itu sendiri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *