Acil Odah – H. Zanie Resmi Terima SK Rekomendasi Partai Golkar

Politik38 Views

JAKARTA—Akhirnya, pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) 2024, Hj. Raudatul Jannah dan Akhmad Rozanie mengantongi surat keputusan (SK) rekomendasi dari DPP Partai Golkar, pada Kamis (18/7).

Kepastian itu diperoleh setelah Acil Odah, sapaan akrab Hj. Raudatul Jannah dan H. Rozanie menerima surat rekomendasi nomor: S.Kep-661/DPP/Golkar/VII/2024 yang diteken Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewijk F. Paulus.

Kedua pasangan tersebut tampak kompak menggunakan baju kain sasirangan khas Banjar berwarna kuning itu setelah terbang ke Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat.

Mereka juga didampingi Ketua dan Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel, yakni Sahbirin Noor dan Supian HK untuk maju dalam Pilkada Gubernur Kalsel pada 27 Nopember mendatang.

Saat menerima surat rekomendasi itu, Ketua DPD Golkar Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin turut mendampingi pasangan tersebut. Dirinya mengaku dapat undangan dari DPP Golkar untuk menerima SK pencalonan gubernur, khususnya Kalimantan Selatan dan juga bersama calon-calon lain di berbagai provinsi di Indonesia.

“Dan Alhamdulillah, hari ini kami sudah diserahkan dan mudah-mudahan bisa kami gunakan ke mana, yang diberikan ini dengan baik untuk menerima pencalon kita,” ungkap Paman Birin seusai mendampingi paslon menerima surat rekomendasi.

Dalam kesempatan itu, Paman Birin menjelaskan bahwa pasangan Raudatul Jannah-Akhmad Rozanie sudah dapat mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalsel karena telah mengantongi rekomendasi dari Partai Golkar, NasDem, dan Gerindra.

Sebelum dapat SK Rekomendasi dari Golkar, Acil Odah-Rozanie sudah mengantongi dua SK dukungan. Yakni dari Partai Nasdem dan Partai Gerindra.

“Secara syarat pencalonan, sudah lebih dari cukup. Golkar 13 kursi, Nansdem 10 kursi, Gerindra 7 kursi, total 30 kursi,” beber Paman Birin.

Sementara itu, Akhmad Rozanie mengatakan pihaknya setelah menerima rekomendasi ini, akan memperkuat mesin pemenangan di Kalsel.

“Kami mengikuti arahan Ibu Calon Gubernur bahwa mungkin setelah ini, kami mungkin mengadakan rapat konsolidasi sesama rekan koalisi tentunya,” ujarnya.

Karena dalam waktu yang pendek ini, baginya tim sukses Acil Odah-Rozanie harus gerak cepat. Karena, menurutnya waktu batasan kampanye ini terbilang sedikit saja untuk memenangkan Pilkada 2024 mendatang.

Rozanie juga menyampaikan dukungan Golkar 13 kursi, NasDem 10 kursi, dan Gerindra 7 kursi sudah lebih dari cukup untuk maju di Pilgub Kalsel.

“Insyaallah, dukungan ini juga akan bersama-sama kami rapatkan bersama kader se-Kalimantan Selatan,” imbuhnya.

Adapun Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus menyampaikan bahwa pihaknya sampai saat ini telah mengeluarkan 10 surat keputusan untuk pasangan calon untuk calon kepala daerah, gubernur maupun wakil gubernur.

Sekjend Lodewijk menegaskan bahwa keputusan tersebut sudah bersifat final dan mengikat. Sebaliknya nama itu hanya tinggal diajukan kepada KPU.

“Surat keputusan ini yang sifatnya final and binding dan itu menjadi persyaratan untuk diajukan ke KPU ataupun KPUD setempat,” terangnya.

Berikut daftar SKbPartai Golkar untuk Pilkada Gubernur 2024 di berbagai provinsi lainnya :

1. Sumatera Utara: M Bobby Afif Nasution-Surya
2. ⁠Riau: Syamsuar-Mawardi
3. ⁠Bengkulu: Rohidin Mersyah-Meriani
4. ⁠Kalimantan Timur: Rudy Mas’ud-Seno Aji
5. ⁠Kalimantan Selatan: Raudatul Jannah-Akhmad Rozanie Himawan
6. ⁠Kalimantan Barat: Sutarmidji-Ria Norsan
7. ⁠Kalimantan Utara: Zainal Arifin Paliwang-Ingkong Ala
8. Papua Pegunungan: John Tabo-Ones Pahabol
9. Papua Barat Daya: Lambertus Jitmau-Samsudin Anggalilu
10. Jawa Timur: Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Berdasarkan surat rekomendasi DPP Golkar, Acil Odah-Rozanie menerima SK yang tertuang pada nomor urutan 5 di antara calon kepala daerah lainnya. (mr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *