Haul ke-18 Guru Sekumpul di Kampung Keramat Terus Dipersiapkan

Religi70 Views

Banjarbaru – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar kembali memimpin rapat koordinasi peringatan haul ke-18 Guru Sekumpul di Aula Idham Chalid Perkantoran Pemprov, Kamis (12/1).

Haul Guru Sekumpul yang merupakan inisiasi dan keinginan ulama, guru-guru dan masyarakat ini rencananya akan digelar pada tanggal 26 Januari 2023 nanti di Kampung Keramat Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar, tepatnya di rumah pribadi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Rapat dimaksudkan untuk mematangkan persiapan seputar pelaksanaan haul.

Mulai penyediaan dapur umum, pengaturan lalu lintas di jalur darat dan sungai, kegiatan kebersihan di area haul, penyediaan air bersih dan keperluan wudlu, pelayanan kesehatan, dan sebagainya.

Hadir dalam rakor, pihak dari Kementerian Agama Provinsi Kalsel, dinas sosial, dinas perhubungan, dinas lingkungan hidup, dinas kesehatan, dinas kominfo, Dinas PUPR, PDAM Intan Banjar, PT PLN Wilayah Kalselteng, kepolisian, TNI, dan SKPD terkait lainnya lingkup Pemprov Kalsel.

Tampak hadir juga para pembakal, kepala desa dan lurah di Kabupaten Banjar.

Sekdaprov minta pihak PLN tidak ada pemadaman aliran listrik mulai H-1 hingga puncak acara.

“Back up untuk acara sudah kita siapkan,” ujar salah satu pejabat PLN yang hadir dalam rakor.
Sedangkan soal penerangan lampu jalan atau PJU, menurutnya masalah itu tinggal berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Menanggapi hal ini, perwakilan masyarakat memberikan dukungan terhadap kegiatan dan terkait dengan penerangan, akan bisa maksimalkan.

Sekdaprov juga memberikan kesempatan para lurah/kepala desa/pembakal untuk menyampaikan masukan dan saran mereka untuk kelancaran kegiatan nantinya.

“(haul,red) Bukan pemerintah yang melaksanakan, tapi masyarakat dan para guru-guru dan ulama,” ujar Roy mengarisbawahi hasil rakor di akhir acara.

Dalam rapat juga dibahas tentang rekayasa lalu lintas, karena jamaah haul yang akan hadir diprediksi ratusan ribu orang.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kalsel, H Muhammad Tambrin yang turut dalam rakor menyampaikan, haul yang digelar ini mengandung nilai dakwah, selain pengobatan kerinduan masyarakat terhadap almarhum Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. sal/adpim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *