Seluruh SKPD Pemprov Bagikan Masker Gratis Dampak Kabut Asap Karhutla

Daerah7 Views

Banjarbaru – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin secara resmi melepas peserta pembagian masker sebagai langkah preventif Pemerintah Provinsi Kalsel dalam upaya mengurangi dampak asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terhadap kesehatan masyarakat di Halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru pada pagi Senin (1/10) pagi.

Kegiatan yang diinisiasi Paman Birin ini digelar serentak di 50 titik yang tersebar di 4 Kabupaten/Kota yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Batola.

Usai melepas rombongan SKPD lingkup Pemprov Kalsel, Paman Birin menegaskan pentingnya upaya dalam menghadapi masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Paman Birin menyampaikan, keyakinannya bahwa dengan memberikan masker kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalsel sedang berkontribusi secara nyata untuk melindungi kesehatan warga dari dampak asap yang semakin tebal dan polusi udara yang disebabkan oleh kebakaran hutan, terutama pada kelompok rentan seperti anak-anak dan lansia.

“Pagi ini, Pemerintah Provinsi Kalsel secara serentak melaksanakan tindakan pencegahan dengan membagikan masker kepada masyarakat. Langkah ini adalah bentuk antisipasi untuk mengurangi dampak potensial, terutama dalam menghadapi situasi seperti kebakaran hutan dan lahan atau karhutla,” ungkap Paman Birin.

Selain itu, Paman Birin juga mengungkapkan penghargaannya yang tinggi terhadap dedikasi dan kerja keras para peserta yang telah berperan aktif dalam pembagian masker ini.

“Kerja keras mereka adalah sebuah upaya nyata untuk mengurangi dampak buruk kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta mengurangi dampak serta mengurangi dampak negatif lainnya, seperti reaksi alergi, peradangan, dan bahkan potensi infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA.” kata Paman Birin.

Sebagai pesan penutup Paman Birin juga menghimbau warga untuk membatasi aktivitas di luar rumah mengingat semakin tingginya intensitas kabut asap.

“Kurangi aktivitas di luar ruangan dan, jika memang harus berada di luar, agar selalu menggunakan masker.” Pesan Paman Birin

Sementara itu, Andi, seorang petugas kebersihan jalan yang selalu beraktivitas di luar ruangan, merasa sangat bersyukur atas bantuan masker gratis dari Paman Birin. Ia mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut.

“Paman Birin, terima kasih atas bantuan maskernya.” ucap Andi.

Ungkapan senada juga datang dari warga lain yang ditemui. dengan tulus mereka menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pemerintah Provinsi Kalsel karena telah dengan konsisten membagikan masker secara rutin kepada seluruh warga dalam menghadapi kabut asap ini. (rfq/adpim)

Foto : Yusnadianoor- M.Rezky Maulidja – Donny Sophandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *